SELAMAT DATANG DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-FALAH <<< AL-FALAH INSTITUTE >>> MEMBANGUN GENERASI BANGSA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH
Home » » Tips Panduan Lengkap Memulai Sukses Membuka Usaha Warnet

Tips Panduan Lengkap Memulai Sukses Membuka Usaha Warnet

Written By Al-Falah on Jumat, 25 Maret 2011 | 15.08

Tips Panduan Lengkap Memulai Sukses Membuka Usaha Warnet
Modal Sedikit Keuntungan Banyak !

http://akubisasukses.files.wordpress.com/2008/11/2005-5-18-china-internet-cafe_web2.jpg
Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang bagi warnet untuk terus berkembang. Berikut sedikit tips bagi yang ingin membuka usaha warnet. Bila anda punya warnet atau baru ingin memulai bisnis warnet ada baiknya ada baca tips dan trik saya ini agar warung internet anda lancar, laris, berkembang. tapi jangan berharap anda mendapat trik dan tip cara meningkatkan bandwidth atau mempercepat koneksi internet , karena itu urusan ISP yang anda pakai. Apa yang akan bagi ini berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai konsumen dan sekaligus pengelola warnet. jadi bukan asal tulis biar ada postingan dan traffik meningkat. ok, saya mulai aja :
  1. yang pertama kali perlu diperhatikan adalah posisi lokasi dan lingkungan karena kenyataannya konsumen dan pengguna internet di indonesia terutama di warnet warnet adalah para pelajar dan mahasiswa kemudian disusul para pencari kerja atau yang sudah kerja . kalau and amemilih lokasi warnet piolih di jalur berangkat kerja atao jalur pulang ? dekat kampus atau dekat kos kosan anak kuliah? tempat parkir juga diperhatikan aman , mudah, gratis kalo bisa.
  2. koneksi yang cepat adalah sudah keniscayaan yang diinginkan konsumen, semakin cepat koneksi dan download maka semakin disukai. sekarang ini banyak pilihan , untuk di daerah daerah speedy unlimited saya rasa sudah cukup memadai. speddy sendiri juga menyediakan paket warnet.
  3. fasilitas warnet yang memadai, sekarang ini jaman nya warnet dengan monitor lcd, prosessor cpu minimal dual core, kalo gak ada AC, angin dari kipas angin harus lancar dan bikin segar, minuman softdrink, snack, makanan kecil lain juga harus ada, wc, toilet, kursi juga diperhatikan apakah mau lesehan atau pakai kursi biasa, kursi sofa? perangkat tambahan komputer juga wajib ada seperti speaker atau headset, slot usb, persediaan card reader,  printer (wajib), scanner gak begitu wajib). beberapa orang lebih suka jika sekuriti komputer klien tidak begitu rapat sehingga bisa diinstall program yang diinginkan oleh user.
  4. privasi, ternyata walaupun warnet termasuk tempat umum kebanyakan konsumen lebih suka jika privasinya terjaga biliknya tersekat dengan baik dan bilik gak bolong bolong.
  5. tambahan yang disuka konsumen warnet adalah data sharing, terkadang pengguna tidak mengambil data apa yang ada di warnet tapi malah mengambil data yang ada di komputer bilik klien. beberapa warnet memberikan fasilitas harddisk sharing yang berisi gratis mp3, movie, film film download, yang semua datanya bisa dicopy secara bebas oleh para user atau pengunjung melalui komputer klien masing masing.
bila anda ingin juga membuat usaha game online bersama dengan warnet maka jangan jadikan dalam satu ruangan , karena kebisingan dari game online mengganggu user warnet, kalo dicampur dalam satu ruang biasanya warnetnya gak begitu ramai.
untuk saat ini bisa warnet masih bisa diandalkan di kota maupun dipinggiran, sedang di daerah setingkat kecamatan dan jauh di desa masih baru berkembang. tapi entah sampai kapan, karena yang namanya fasilitas teknologi akan terus berkembang mungkin saja suatu nanti fasilitas internet sudah banyak dimiliki oleh masing masing rumah seperti memiliki televisi sekarang ini…

http://kinjeng.net/wp-content/uploads/jasa-pembuatan-warnet.jpg


Coba juga tips yang ini :
1. Tempat, merupakan faktor penting dalam membuka usaha warnet. Posisi menentukan prestasi.
2. Kenyamanan, terutama AC, agar pengguna warnet betah berlama-lama di ruang warnet
3. Koneksi internet yang cepat dan mempunyai kehandalan yang tinggi.
4. Harga yang relatif bersaing dengan yang lain.
5. Game centre
6. Dilengkapi cafe, fotocopy, printer dan scanner
7. Pelayanan yang ramah

Pengguna warnet/user membutuhkan privasi dalam ber-internet, jadi usahakan membuat ruangan yang cukup nyaman.
Komputer dengan spesifikasi yang prima dan selalu di-maintain. Spesifikasi Komputer yang lambat seringkali membuat user menjadi kesal.
Pengadaan minuman ringan dan snack akan sangat membantu menambah income/pendapatan warnet disamping menambah kenyamanan user.
Penyedia koneksi internet/Operator yang komunikatif dan mempunyai jaringan yang handal. Jika jaringan sering terganggu akan mempengaruhi citra warnet.

Billing untuk mempermudah user dalam menggunakan komputer dan mempermudah perincian laporan keuangan warnet.
Cari ISP yang sudah cukup berpengalaman dalam bidangnya yang tentu saja tidak lepas dari kesiapan 24 x 7 customer service nya.

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK . All Rights Reserved.
Company Info | Template modify by Abahvsan